Langsung ke konten utama

PRAKTIKUM 2



PRAKTIKUM 2

assalamualaikum wr wb OK Guys kembali lagi dengane kali ini ane bakal ngebahas basic dari pembuatan pemograman bagi ANTUM yang udah punya code blocksnya tinggal ikutin aja tutorialnya simak baik-baiknya.

CODINGAN 1

Pertama tama yang paling utama kalian buka file baru dengan menekan CRTL+SHIFT+N lalu kalian harus menyimpan file tersebut seperti pada gambar dibawah ini. jangan lupa pakai .CPP Maka akan muncul warna berbeda.


Step selanjutnya kalian semua harus dan wajib disetiap pembuatan program, ini harus tercantum dicodingan kalian bila tidak maka akan terjadi error. Ingat OK #INCLUDE<IOSTREAM> , lalu dibawahnya tulis using namespace std; jangan lupa menuju baris baru kalian harus mengakhirinya dengan  sesudah itu kalian ENTER 2 kali dan tulis INT MAIN(){} lalu kalian ENTER pada kurung kurawal lalu kalian masukan codingan kalian. Karena kali ini menggunakan variabel interger maka kita tulis INT.

Sesudah itu kita memasukan variablenya kali ini hanya mengunakan 2 variabel yaitu A dan B
Sesudah itu masukan angka yang kalian inginkan seperti dibawah ini jangan lupa pakai TITIK KOMA.

Kali ini kalian tinggal mengoutput dengan menulis COUT lalu ddilanjutkan dengan tanda << untuk setiap sesuatu yang akan dimunculkan dilanjutkan dengan variablenya karena sudah dideklarasikan kalian hanya tinggal menulis variable hurufnya saja setelah itu kalian tulis kembali tanda outputnya dan untuk memunculkan string kalian harus menggunakan tanda titik dua diatas lalu tulis tanda operasi yang akan ditampilkan kali ini kita menggunkan operasi penjumlahan selanjutnya kalian  lakukan hal yang sama untuk memunculkan variable selanjutnya masukan string  dan kalian tinggal output hasilnya dengan masukan rumusnya dan diakhiri dengan titik koma.

Setelah selesai kalian hanya tinggal membuild dan menjalakan programnya kalian tinggal menekan tombol dipojok atas seperti pada gambar dibawah ini.

Bila kalian ingin mengganti menjadi pengurangan,pembagian dan perkalian kalian hanya tinggal mengganti tanda pada rumus dan tampilan untuk penggurangan kalian menggunakan tanda -, pembagian dengan / dan perkalian dengan * pada rumusnya.


CODINGAN 2

OK kali ini ane mau ngasih sedikit informasi bagaimana cara membuat codingan dengan output dahulu lalu kalian menginputnya langsung aja jangan basa basi lagi ok cekidot.

Pertama-tama kalian harus melakukan hal yang sama seperti sebelumnya dengan memasukan #INCLUDE.......(DSB)

Setelah itu kalian masukan variablenya tanpa menggunkan angkanya karena kali ini kita akan menginputnya diluar. Jangan lupa mengakhirinya dengan tanda titik koma. jadi kalian hanya menginisialisasikan variablenya saja.

Di step selanjutnya kalian harus menampilkan kata-kata  untuk memasukan angka tersebut agar user dapat mengerti untuk memasukan angka tersebut seperti biasa kalian harus menulis COUT untuk setiap menampilkan selanjutnya tanda << untuk output dan masukan kata untuk memerintah user memasukan angka tersebut yang akan ditampilkan sebelum itu kalian harus menggunakan tanda titik dua diatas dan mengakhirinya dengan titik koma setelah itu kalian harus menggunakan perintah input untuk itu kalian harus menggunakan tanda perinta CIN dengan tanda sebaliknya dari output yaitu >> dan tulis variable yang akan nanti user akan masukan lakukan hal sama karena variablenya 2 yang harus dimasukan. 

Setelah itu kalian tinggal melalukan hal yang sama seperti sebelumnya dengan menampilkan hasil dengan menulis COUT lalu ddilanjutkan dengan tanda << untuk setiap sesuatu yang akan dimunculkan dilanjutkan dengan variablenya karena sudah dideklarasikan kalian hanya tinggal menulis variable hurufnya saja setelah itu kalian tulis kembali tanda outputnya dan untuk memunculkan string kalian harus menggunakan tanda titik dua diatas lalu tulis tanda operasi yang akan ditampilkan kali ini kita menngunakan operasi penjumlahan. selanjutnya kalian  lakukan hal yang sama untuk memunculkan variable selanjutnya masukan string  dan kalian tinggal output hasilnya dengan masukan rumusnya dan diakhiri dengan titik koma.

Bila sudah kalian tinggal merapihkan dan langsung saja jalankan dengan menekan build and run sebari memeriksa bila terjadi error pada codingan tersebut, lakukan seperti biasa.


Dan jika kalian ingin mencoba membuat operasi lain kalian tinggal mengganti tanda pada rumus tersebut sesuai pada praktek pertama dan jangan lupa mengganti tampilan agar sesuai dengan rumusnya OK seperti pada gambar di bawah ini.
CODINGAN 3

OK masih bersama saya yang baik, sholeh dan kebanggaan orang tua kali ini kita bakal ngebahas codingan untuk membuat relasi/perbandingan jangan berlama lama ane juga udah capek nulisnya kok langsung saja ce-ki-dot

Pertama tama kalian harus melakukan hal seprti biasa sebagai awalan codingan kalian harus selalu ingat ya ok kita ke step selanjutanya

Distep ini kita akan menginisialisasikan variablenya sambil masukan angka yang akan dibandingkan

Selanjutnya kalian harus menulis  BOOL = inisialisasi variablenya maksudnya adalah memberi perintah perbadingan terhadap variable tersebut.

Selanjutnya kalian harus menulis inisialisasinya dan dilanjutkan =  untuk memberi perintah agar melakukan perbandingan lalu kalian tulis inisialisasi variable yang akan dibandingankan atau rumusnya sebelum mengoutput dan kalian harus mengakhirinya dengan titik koma setelah itu kalian akan menampilkan operasi perbandinganya seperti biasa kalian harus menulis COUT dan dilanjutkan dengan tandanya, kalian harus menampilkan variablenya dan dilanjutkan tanda relsi perbandingannya didalam tanda  “ setelah itu kalian juga akan menampilkan variable selanjutnya  
Dan kata “adalah” sebagai pemanis lalu dilanjutkan dengan menulis <<BOOLALPHA untuk menampilkan hasil perbandingan dan dilanjutkan << C dan <<ENDL; agar secara otomatis mengenter.

Setelah selesai kalian dapat tinggal mengcopy paste supaya kalian dapat mencoba operasi relasi lainya  seperti ,< , > ,= ,<= ,>= dengan hanya mengganti tanda seperti dibawah ini

Setelah selesai kalian hanya tinggal membiuld and run
CODINGAN 4

Ok masih ada pembahasan kali ini yang terakhir ya ane udah cape ngetiknya. Pembahasan kali ini adalah mengidentifikasi ukuran dari setiap jenis variablenya.

Pertama tama kalian seperti biasa kalian harus menulis awalan dalam membuat codingan tersebut
Setelah itu kalian lanjutkan ke step selanjutnya.


Ok distep selanjutnya kalian kali ini masukan semua jenis variable dengan inisialnya dan diakhiri dengan titik koma karena guru saya menyuruh menggunkan inisial yang sesuai dengan nama variablenya maka saya tulis seperti digambar tersebut.

Selanjutnya kalian akan menampilkan ukuranya pertama tama kalian seperti biasa menulis perintahnya lalu tandanya setelah itu kalian masukan kata kata untuk memberi tahu ukuran dari variable tersebut kali ini kita tidak perlu menggunkan tanda titi koma karena hanya melakukan output saja dan dilanjutkan kita akan menampilkan ukuran dari variable tersebut dengan menulis SIZEOF dan variable yang akan ditampilkan ukuranya lalu kalian tinggal menampilkan jenis ukuranya karena ukuran dari char itu hanya 1 maka tulis dengan BYTE saja sedangkan yang lain menambahkan S dibelakan kata tersebut agar kalian tidak perlu mengENTER  terus maka kalian harus menulis ENDL; agar dengan otomatis mengenter dan lupa akhiri dengan titik koma.

Supaya menghemat waktu kalian saya saranakan agar mengcopy paste dan menggubah inisial variablenya

Setelah itu kalian rampihkan agar terlihat menawan dan langsung saja build and run 




.sekian dari praktek codingan tersebut bisa saya sampaikan mohon maaf bila ada kesalahan                                                 
                                                             SAMPAI BERJUMPA KEMBALI


KHUSUS SODARA ANGGA GEMILANG SAYA SARANKAN UNTUK TIDAK MELIHAT BLOG INI BILA ANDA SEDANG MEMBACA INI MAKA WASSALAM!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertemuan 3

pertemuan 3 kali ini saya akan memberikan materi tentang pemformatan text dalam html yang telah saya pelajari dalam pertemuan ketiga, materi yang kan kita pelajari sebagai berikut: 1.format text 2.preformat 3.format 4.quotation 1.FORMAT TEXT  pertama-tama kalian harus mengetahui tagnya terlebih dahulu, kalian dapat menghafalkan tagnya dalam gambar dibawah ini: setelah itu kalian dapat kalian dapat mengikuti codingan dibawah ini: kalian dapat menyesuaikan performatan yang telah diberikan setelah itu hasilkan akan seperti ini 2.PREFORMAT kalian dapat mengikuti codingan dibawah ini: dan hasilnya akan seperti ini: 3.FORMAT kalian dapat mengikuti codingan dibawah ini: format ini akan menampilkan spasi sesuai dengan codingan kalian kodingan ini cocok untuk menampilkan bahasa pemrograman setelah kalian buat codingannya maka kalian dapat melihat hasilnya seperti ini: 4.QUOTATION ini tag <blockquote> ini biasa digunakan untuk mengutik s...

PRAKTIKUM 4

PRAKTIKUM 4 kali ini adalah praktek saya yang ke 4 pada pertemuan itu kami membahas tentang codingan nilai absolut, gaji karyawan, total pembelian, lama proyek saya akan menampilkan codingan tersebut dan hsil dari runningnya sebagai kententuan untuk memenuhi syarat penilaian program dasar di semester 2 ini, Oke berikut adalah codingan dan hasilnya 1.NILAI ABSOLUT 2.GAJI KARYAWAN  3.TOTAL PEMBELIAN 4.LAMA PROYEK  hanya segitu saja yang dapat ditampilkan terima kasih atas kunjungan anda,

SESI 5

assalamualaikum wr wb  selamt berjumpa kembali dengan saya kali kita akan membahas apa saja yang telah saya pelajari dalam pertemuan saya yang kelima ini kali ini kita akan membahas beberapa materi yang telah saya pelajari seperti: 1.pertukaran nilai part 1 2.pertukaran nilai part 2 3.percakapan telepon 4.bilangan positif-negatif oke berikut penjelasanya dan contohnya 1.pertukaran nilai part 1     pada codingan kali ini kita akan menampilkan program pertukaran nilai part 1 karena kita akan menggunak variable bantu agar kedua nilai dapat tertukar ok.pertama-tama kalian harus mendeklarasikan ketiga variablenya sedangkan untuk variable bantunya seperti dibawah ini saya menggunakan variable c , setelah itu kalian harus menginput bilangan yang kan ditukar nanti, karena kali saya menggunkan variable bantu maka cara kerjanya begini, variable c nanti akan menjadi nilai dari bilangan a lalu bilangan a akan menjadi bilangan b, dan bilangan b menjadi bilnagan c , seperti di...